FeaturePULINFO

Ayo ke Koakoa  

Pantai adalah tempat yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan atau sekedar bersantai bersama teman-teman maupun keluarga.

Salah satu pantai yang terkenal di Kabupaten Pasangkayu adalah Pantai Koakoa. Pantai yang terletak di Desa Polewali Kecamatan Bambalamotu ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pasirnya yang bersih dan air laut yang jernih ditambah pepohonan rindang di sekitar pantai membuat banyak orang tertarik untuk datang ke sana.

Selain mengisi waktu liburan Pantai Koakoa juga sering dikunjungi untuk kegiatan-kegiatan seperti Peringatan Ulang tahun, Rapat organisasi atau senam bersama yang dilakukan oleh perkumpulan warga sekitar pantai tersebut.

Letaknya yang strategis ditambah banyaknya tempat-tempat berfoto yang menarik membuat pantai ini banyak dikunjungi. Walau hanya sekedar berswaphoto karena memang fasilitas yang cukup baik dan memadai membuat peminat yang datang ke pantai ini semakin banyak.

Selain itu, letaknya juga strategis dan mudah dijangkau. Pantai ini tidak jauh dari jalan poros Trans Sulawesi dengan kondisi jalan yang mulus membuat pengunjung tidak perlu bersusah payah datang ke sana.

Hal ini tentu menjadi salah satu alasan terbesar mengapa banyak pengunjung yang memilih datang ke Pantai Koakoa dibandingkan ke pantai yang lain di Kabupaten Pasangkayu.

Meskipun sebagian besar pengunjung pantai ini sudah datang berkali-kali tetapi Koakoa seolah menyimpan banyak kesan yang baik membuat pengunjung memiliki keinginan untuk datang tidak cuma sekali..

Saat ini pengunjung Pantai Koakoa semakin meningkat apalagi di hari libur atau akhir pekan. Mereka datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Pasangkayu, bahkan tidak jarang pengunjung pantai ini berasal dari daerah lain di luar Pasangkayu.

Mereka biasanya datang beramai-ramai. Ada yang datang bersama keluarganya. Ada juga yang datang dengan teman-temannya. Mereka biasanya begitu tiba di Koakoa akan langsung memilih tempat-tempat yang teduh untuk beristirahat bersama.

Di Koakoa memang sudah disediakan banyak fasilitas seperti gazebo. Atau ada juga yang memilih untuk berjalan-jalan di pinggir pantai, mandi-mandi dan sebagainya.

Fasilitas-fasilitas lainnya yang terdapat pantai ini seperti kamar mandi dan wc umum juga tersedia. Sehingga semuanya menambah kenyamanan pengunjung yang datang.

Setidaknya sudah ratusan orang yang telah datang dalam setiap pekan untuk berwisata di pantai Koakoa dengan tujuan untuk berlibur. Meskipun tak jarang dari mereka menempuh perjalanan yang cukup jauh dari daerah asalnya hanya untuk mengunjungi pantai ini.

Dengan melihat banyaknya peminat yang berkunjung ke daerah wisata pantai ini pemerintah setempat dapat berpartisipasi dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada disana. Terutama dengan menambah dan memperbaiki fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar pantai agar semakin layak untuk di jadikan tempat wisata daerah.

Bahkan jika pantai ini semakin banyak pengunjungnya tidak menutup kemungkinan namanya akan makin terkenal bukan cuma diluar pulau tapi juga di luar negeri.

Jika sudah seperti ini pendapatan bahkan devisa negara juga pasti akan meningkat karena adanya pengunjung dari mancanegara yang datang berkunjung.

Masyarakat setempat dan sekitar pantai juga dapat merasakan keuntungannya jika banyak pengunjung yang datang. Salah satunya yaitu masyarakat yang memilih berprofesi sebagai pedagang di sekitar pantai.

Mereka dapat memiliki keuntungan yang cukup banyak karena pengunjung yang datang semakin bertambah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya diluar profesi utama mereka sebagai nelayan.

Penulis: Rastika (siswa SMKN 1 Pasangkayu)

Back to top button