AgamaHumaniora

Begini Pandangan Quraish Shihab Tentang Ibu Menyusui

Subuh dini hari, sebelum sahur dalam acara Tafsir Al-Misbah di Metro TV, Prof. DR. Quraish Shihab mengatakan,”Tuhan telah menciptakan susu untuk setiap spesies. Air susu sapi cocok untuk anak sapi. Air susu kambing cocok untuk anak kambing. Dan Air susu ibu cocok untuk anak manusia”.

Beliau mengatakan pula anak yang menyusu pada ibunya, apalagi dalam masa sempurna dua tahun sebagai mana tuntunan Allah dalam Al-Qur’an, akan bisa berjalan lebih cepat daripada anak yang tidak menyusu pada ibunya.

Persis. Kedua anak saya juga bisa berjalan pada usia hampir bersamaan, sekitar sebelas bulan. Adek yang tak terganggu susu formula waktu kecil, juga terlihat sangat gesit. Dia bermain panjat-memanjat, senang berlarian kesana-kemari sama seperti kakaknya pada usia yang sama.

Saat sesi tanya jawab dibuka seorang penanya perempuan berkomentar, “Bagaimana pendapat Pak Quraish tentang perempuan yang tak mau menyusui karena merasa susu formula sekarang telah mengandung banyak zat yang mendorong pertumbuhan dan mencerdaskan anak?”

Pak Quraish menjawab, “Al-Qur’an tidak mempersoalkan susu formula. Tapi telah memberi tahu kita tentang apa yang terbaik buat anak-anak kita. Lagi pula kita mau anak-anak kita sehat atau sangat sehat. Kita mau anak-anak kita cerdas atau sangat cerdas?”

Sungguh jawaban yang logis, kongkrit dan mudah dicerna.

Jawaban atas sebuah pertanyaan mendasar, seberapa penting Air susu ibu buat anak-anak kita.

Back to top button