Gaya Hidup

BELAJAR MEMAKNAI Ulang Tahun

Ulang tahun adalah sebuah momen bahagia yang menandakan seseorang telah melewati hari-harinya. Hari kelahiran yang dirayakan setiap tahunnya, pada tanggal dan bulan yang sama.

Terkadang momennya dirayakan melalui sebuah acara atau hanya di hati saja, tetapi tetap hari ulang tahun menjadi hari yang membahagiakan.

Di dunia maya, linimasa kita dipenuhi ucapan doa dan selamat dari karib kerabat. Begitu pun di dunia nyata.

Bahkan yang terakhir ini terkadang lebih dari sekedar ucapan selamat dan doa syukur, mereka merayakannya dengan pesta dan menjadikan kita raja/ratu sehari.

Selamat ulang tahun kami doakan
Semoga panjang umur kita ‘kan doakan
Selamat sejahtera sehat sentausa
Selamat panjang umur dan bahagia

Setiap kita mendapati tanggal dan bulan yang sama dengan kelahiran kita, itu artinya sudah satu tahun berlalu. Pada dasarnya, hari itu adalah hari yang sama dengan hari lainnya. Sekedar repetisi saja

Merayakannya ataupun tidak, adalah terserah kita. Dengan cara apa merayakannya, itu pun terserah kita.

Namun, entah merayakannya atau tidak, ada sesuatu yang bermakna di balik ulang tahun.
Satu tahun…

Ada pertanyaan-pertanyaan yang perlu kita jawab saat berada di hari ulang tahun. Pertanyaan ini sama seperti ketika tahun baru atau hari-hari perayaan lainnya.

Apa saja yang sudah kita lakukan selama satu tahun ini?

Perbedaan apa yang telah kita buat saat ini dibandingkan dengan awal tahun yang lalu?

Hal-hal baik apa yang telah kita capai?

Dan hal-hal tidak memuaskan apa yang kita dapati kemarin?

Sayangnya, pertanyaan-pertanyaan itu hanya akan kita jawab ketika kita ingat untuk menjawabnya. Euforia atas momen ulang tahun yang penuh rasa syukur kadang terasa memabukkan.

Hari itu bisa saja terlewat begitu saja tanpa ada sesuatu yang benar-benar berarti bagi batin kita, yaitu harapan dan doa.

Jawaban-jawaban yang muncul selama satu tahun yang lalu itu seharusnya bisa menjadi dasar target-target kita untuk tahun depan.

Sesuatu yang kurang harus bisa dilengkapi tahun berikutnya. Sesuatu yang kacau harus bisa diperbaiki. Sesuatu yang baik harus bisa menjadi lebih baik lagi.

Jadi..

Kalau kiita menganggap hari ulang tahun sebagai hari yang istimewa, apakah kita benar-benar melakukan sesuatu untuk menjadikannya istimewa?

Jika tidak ada sesuatu yang kita persiapkan untuk mengisi hari ulang tahun tersebut, paling tidak gunakan hari itu untuk mempersiapkan hari-hari berikutnya.

Semua ini kita lakukan agar bisa menjadi manusia yang lebih baik setiap tahunnya.

Check Also
Close
Back to top button